Secara umum, cara menambal ban tubeless adalah dari luar.
Yaitu proses penambalan yang dilakukan tanpa harus membongkar ban luar dari
velg. Ini merupakan cara yang paling simple untuk dilakukan dan membutuhkan
waktu yang relatif singkat. Lalu apa yang harus dilakukan ketika sebuah hasil
tambalan tubeless dari luar tetapimasih bocor lagi? Oke,,, solusi untuk permasalahan
ini adalah dengan melakukan press ban tubeless dari dalam. Cara ini sedikit
berbeda dengan tambal ban tip-top.
Perbedaan utamanya adalah dari bahan yang digunakan dan
peralatan untuk melakukan pressing. Jika tambal jenis tip-top menggunakan bahan
karet yang sudah jadi alias dikemas oleh pabrik. Biasanya media karet penambal berbentuk
bulat dan ditengah-tengah terdapat tulisan tip-top, tetapi untuk jenis press
ban tubeless menggunakan bahan baku karet yang ditengahnya terdapat susunan
benang nilon. Bengang nilon inilah yang menjadi pembeda dari bahan tambalnya.
Sedangkan untuk metodenya pun berbeda. Untuk jenis tip-top
setelah bahan direkatkan, proses selanjutnya adalah dengan memukul bagian yang
dilapisi dengan palu atau kayu yang fungsinya untuk memaksimalkan proses
perekatan. Tetapi untuk jenis press tubeless dilakukan dengan alat pressing
yang dilengkapi dengan pemanas. Sehingga hasil perekatan jauh lebih maksimal.
Berdasarka pengalaman ane di lapangan, metode tip-top lebih
efisien jika digunakan untuk menembal ban tubeless apabila terkena paku atau
plat tetapi arah tusukannya miring. Sedangkan untuk jenis press tubeless lebih
sering sebagai solusi untuk bekas tambal tubeless biasa yang bocor lagi atau
kena benda tajam tetapi dengan diameter yang lebih besar, misalnya terkena
baut.
Untuk masalah tarif, tambal press berkisar antara 50 sampai
dengan 100 ribu. Tergantung dari diameter ban dan posisi ban yang luka. Semakin
menuju dinding (pojokan ban), biayanya semakin mahal. Tetapi anda tidak perlu kuatir,
karena harga yang disajikan sesuai dengan kekuatan hasil tambalan . Dijamin
lebih kuat deh.
Anda ketinggalan jaman om,untuk produk tiptop dan sejenisnya,itu dari dulu memakai metode tsb.dan jangan salah bahan tambalanya tersedia dr ukuran kecil sampe buat unit alat berat.
BalasHapusKalau di Surabaya dimana posisi tukang tambal tiptop seperti ini? Ada informasi alamatnya?
BalasHapushttp://lintaswaktu.blogspot.com