Sabtu, 06 Juli 2013

Cara Memperbaiki Monitor CRT Mati Total




Pada postingan kali ini kita akan membahas mengenai cara memperbaiki monitor crt mati total. Ini tidak ada salahnya kita coba sebelum menggunakan jasa service. Langkah pertama yang harus dilakukan adalah cek pada blok power supply, tegangan sudah masuk atau belum, jika belum coba cek kabel power menggunakan avo meter.


Selanjutnya jika tegangan sudah masuk tetapi monitor belum nyala, coba anda cek blog bagian power supply. Ciri bagian ini adalah adanya elco besar dengan nilai voltase tinggi. Periksa sekering, solderan dan amati pula fisik komponen, apakah ada bagian yang terlihat gosong atau elco melembung. Jika ada, kemungkinan kerusakan ada disekitar jalur tersebut.

Langkah berikutnya yaitu mengecek tegangan B+ power supply dan tegangan 5 v. Tegangan ini berkisar antara 115 V untuk monitor 14 – 21 inch.  Jika belum keluar tegangan tersebut, berarti masalah ada pada blok power supply, tetapi jika sudah keluar bearti kerusakan pada rangkaian sesudahnya.

Cek heater CRT, yaitu dengan cara mengamati langsung pada ujung layar crt. Pada kondisi normal akan nyala seperti lampu pijar. Sedangkan tegangannya berkisar antara 4 – 6 volt AC.
Cek Kondisi transirtor horizontal, Ciri komponen ini ada disekitar trafo flyback dan diberi pendingin (heatsink).

3 komentar:

  1. Gan bisa benerin monitor IBM 3153 monochrome gak nih, kasus matot playback,,,,,help me please

    BalasHapus
  2. Salam pagi guru...ijin bertanya guru,kalau monitor gk hidup,bgian mnakah yg harus dicek guru??

    BalasHapus
  3. Monitor kolesi sy sudah lama mati total,saya iseng iseng di buka bekangnya saya lihat ada kapacitor kembung apa dari itu?.....

    BalasHapus