Minggu, 25 Agustus 2013

Cara Memperbaiki Power Supply AC Matic



Sebelum membicarakan tentang  cara memperbaiki power supply ac matic, perlu untuk kita ketahui bahwa jenis power supply ada 2 macam, yaitu power supply dengan trafo adaptor alias konvensional dan power supply ac matic. Keunggulan jenis power supply ac matic adalah bentuknya yang lebih simpel dan bisa menghasilkan arus yang lebih besar serta lebih stabil, sehingga kebutuhan daya untuk bagian blok rangkaian bisa terpenuhi. Power supply ini banyak dijumpai pada jenis alat elektronik modern seperti tv, dvd, dll.

Berikut sekilas tentang cara memperbaiki power supply ac matic dan ini bisa kita lakukan sendiri sebelum kita bawa ke jasa tukang serviceelektronik :


Mulailah dengan mengecek kabel power ac, lebih akurat menggunakan avo meter. Cek pula fuse (sekering).

Selanjutnya pastikan bagian blok yang rusak , yaitu antara rangkaian input trafo atau rangkaian outputnya. Untuk mempermudah cek terlebih dahulu outputnya dengan melepas beban ( pastikan dulu kondisi diode penyearah). Pada tv atau monitor lepas rangkaian B+ dan 12 V. Jika tegangan muncul berarti kerusakan bukan pada blok power supply. Tetapi jika tegangan tetap tidak keluar, kerusakan terjadi pada input trafo. Bagian yang sering rusak adalah FET atau transistor regulator, diode zener dan elco tegangan tinggi.

Itulah sedikit trik mudah tentang cara memperbaiki power supply ac matic, diharapkan jenis kerusakan dasar bisa dperbaiki sendiri sebelum memanggil jasa service elektronik.

1 komentar: