Minggu, 25 Agustus 2013

Belajar Memperbaiki Komputer Sendiri




Belajar memperbaiki komputer sendiri sebenarnya bukanlah hal yang sulit, dengan bekal  pengetahuan dasar yang kita miliki adalah hal yang bisa kita lakukan sebelum menggunkan jasa teknisi komputer yang pada umumnya cukup menyita waktu. Adapun keuntungan yang kita peroleh adalah bisa meminimalisasi jumlah biaya perbaikan. Dan yang tidak kalah pentingnya adalah menambah ilmu pengetahuan. Bayangkan, jika hanya disebabkan oleh kerusakan sepele seperti kabel power rusak, kita harus repot untuk mengeluarkan biaya perbaikan. Ok teman-teman berikut ada sedikit tips mudah yang bisa dilakukan ketika komputer pribadi kita mengalamai masalah :


Komputer mati total
Langkah mudah pertama adalah cek kondisi kabel power supply, gunakan avometer pada masing-masing ujung kabel power, selanjutnya cek tegangan output power supply. Biasanya tegangan output tertera pada label power supply. Gunakan avometer pada posisi dc voltage untuk mengetahui normal tidaknya tegangan output.

Indikator cpu menyala, tapi tidak ada gambar pada monitor
Pastikan kabel power terpasang dengan tepat, lalu pastikan pula socket kabel data vga terpasang dengan pas ( jangan terbalik ya).

Komputer sering hang
Langkah mudah untuk mengatasinya adalah dengan menekan alt + control + del.

Sekian sedikit tips tentang belajar memperbaiki komputer sendiri, jika artikel ini kurang begitu tepat, mohon masukannya ya….  

Tidak ada komentar:

Posting Komentar