Selasa, 24 Desember 2013

Pengalaman memperbaiki TV LG ultra slim 21FU2RD Mati Standby



Hallo teman-teman semua, jika pada posting sebelumnya, kita berbicara tentang cara memperbaiki bender, maka pada kesempatan kali ini saya ingin berbagi pengalaman tentang cara memperaiki tv LGdengan kerusakan mati standby. Kejadian ini tepatnya seminggu yang lalu dan pemilik tv adalah tetanga saya sendiri. Dia bilang ke saya dan minta tolong untuk memperbaiki tvnya yang rusak. Pada awalnya kerusakan yang terjadi adalah mati total dan lampu led indicator tidak nyala sama sekali. Akhirnya perangkat terseut ane buka trus coba dinyalakan, dan benar saja ternyata mati total tanpa disertai dengan nyalanya led indicator power.


Akhirnya langsung saja saya lepas transistor horizontal dengan tipe C6090 kemudian saya cek menggunakan avometer, eh ternyata jebol ni komponen. Akhirnya saya ganti dengan transisitor yang baru. Tidak lupa saya ganti sekalian capasitor damper senilai 18 nF/1600 v. Kemudian saya pasang, dan coba dinyalakan, jebrettt…. Normal. Sekitar 2 menit kemudian langsung mati lagi tapi dengan kndisi standy. Waduh,,, apanya ya (pikirku).

Selanjutnya saya lepas lagi transistor HOT tersebut dan saya ukur, ternyata putus lagi. Walah… Perburuan pun saya lanjutkan. Saya cek tegangan output FBT muncul semua, tap Cuma sedikit. Untuk   heater Cuma keluar 1 v, vertical yang seharusnya 26 v muncul Cuma 15, bagian video 180 v Cuma keluar 15 v. Apa ya penebabnya.

Ane curiga pada trafo flyback dan saya ganti dengan yang baru. Kemudian saya nyalakan tu tv. Hasilnya nihil, tegangan out masih drop dan tidak lama standby lagi. Lalu kecurigaan tertuju pada bagian defleksi. Saya coa lepas dan nyalakan, dan hasilnya tetap sama saja. Waduh… pusing banget ni kepala. Ditambah lagi si empunya tv nanyakan terus, karena udah hampir seminggu diopname ditempat saya.

Penelusuran pun saya lanjutkan pada bagian output 5 dan 9 v pada ic control yang mengambil dari output smps. Tanpa pikir panjang saya ganti semua elco filter pada jalur tersebut. Trust v coba saya test. Hasilnya sama. Apanya ya pikirku!
Dalam suasana puyeng, karena gak nemu penyebabnya, ane iseng tuk browsing pada subuah blog punya mas alim altech elektro. Disana diceritakan pernah terjadi kasus yang sama dengan yang saya alami, yaitu tv selalu gagal start ke posisi standby. Dari cerita tersebut, ternyata transistor hOT tipe C6090 yang dijual dipasaran banya yang tidak original. Akhirnya diganti dengan persamaan menggunakan transistor tipe C5296. Saya tiru trik tersebut dan saya nyalakan, dan akhirnya… Taraaaaa…. Tv langsung nyala normal. Untuk memastikan saya nyalakan selama ½ jam, sambil pegang kondisi TR tersebut ternyata hangat tok. Alhamdulillah…… Setelah seminggu berjuang selesai juga.

9 komentar:

  1. Sangat membantu nih, terimakasih brow..

    BalasHapus
  2. Mudah mudahan berhasil bro kalo gak berhasil tar kita sama puyengnya he he he hehe

    BalasHapus
  3. Terimakasis mas brow infonya.
    sangat membantu buat pemula seperti saya.

    BalasHapus
  4. infonya bermanfaat banget..trims

    BalasHapus
  5. mau tanya..kenapa TV saya pas lagi nonton tiba2 mati sendiri...pas sy matikan dengan remote.lampu indikator warna merahnya nyala..pas di on lagi ga bisa masuk ..itu kenapa ya..mohon pencerahnannya...

    BalasHapus
  6. Gimana nich klu tv lg lg kerusakan lampu led redup ketika ditekan p+ mohon masukan

    BalasHapus
  7. Gimana nich klu tv lg lg kerusakan lampu led redup ketika ditekan p+ mohon masukan

    BalasHapus