Kamis, 02 Januari 2014

Pilih Ban Tubeless Atau Ban dalam



Posting kali ini  sengaja ane beri judul “pilih ban tubelessatau ban dalam”, tujuan utamanya adalah memberi opsi pada para pembaca yang ingin menggunakan jenis ban apa yang cocok untuk kendaraan mereka.


Untuk jenis ban radial (pada roda empat) hampir semuanya sudah disertai dengan teknologi tubeless. Bahkan untuk ban kendaraan muatan seperti pickup. Sehingga tinggal menyesuaikan dengan kebutuhan saja jika akan menjadikanban kendaraan menjadi ban tubeless. Maksud dari kata menyesuaikan kebutuhan adalah, apabila kendaraan kita dikhususkan untuk muatan barang, alangkah baiknya jika menggunakan ban dalam saja. Karena kia tahu bahwa untk menanggung beban berat, jenis ban dalam lebih handala terhadap beban daripada jenis tanpa ban dalam. Tetapi jika untuk keperluan pribadi, missal untuk antar jemut anak sekolah atau untuk rental, maka lebh cocok jika menggunakan tubeless.

Lain halnya jika untuk sepeda motor. Secara umum dari sebuah pabrikan menggunakan  jenis ban dalam seperti motor bebek atau matik, walaupun sekarang ada juga yang sudah menggunakan tubeless sebagai ban standard, seperti yamaha new vixion, byson, new megapro, Honda CB150 dll. Lantas apa yang harus kita pertimbangkan jika ingin menjadikan jenis ban dalam menjadi tubeless?  Mungkin penjelasan dibawah ini akan sangat bermanfaat bagi anda yang ingin melakukan hal tersebut.

Perlu untuk diketahui bahwa dalam segi perawatan, jenis tubeless mempunyai keungulan daripada ban dalam. Apabila terkena benda tajam, ban akan kempers secara perlahan-lahan, sehingga untuk melakukan tambal ban bisa disiasati lain waktu dengan cara hanya memompa ban dulu. Ini dilakukan dengan catatan beda tajam yang menancap jangan diambil dulu. Sehingga angin yang keluar akan disumbat oleh benda tersebut. Lain halnya jika menggunakan jenis rodan ban dalam, apabila terkena benda yang tajam, maka secepatnya harus segera diambil, fungsinya agar kondisi ban dalam yang terluka tidak menjadi parah dan harus secepatnya ditambal.

Nah… dari penjelasan diatas kita kita sudah bisa mempunyai gambaran, apakah akan memilih ban dalam atau jenis ban dengan teknologi tubeless untuk kendaraan kesayangan kita. Oiya ada yang lpa tadi, untuk motor bebek yang inin dijadikan tubeles sebaiknya menggunakan jenis velg racing atau CW.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar