Sabtu, 07 Desember 2013

Cara Memperbaiki Blender



Blender merupakan salah satu peralatan rumah tangga yang cukup familiar terutama bagi ibu rumah tangga. Tetapi, apa yang akan anda lakukan jika peralatan tersebut mengalami masalah alias rusak? Mencoba membetulkannya sendiri ataukah membawa kepada ahlinya yang kadang-kadang membutuhkan waktu cukup lama dan disamping itu juga keluar biaya perbaikan? Berikut ada sedikit langkah mudah tentang cara memperbaiki blender yang rusak. Perbaikan dapat kita mulai dengan :

1.      
      Blender terdiri dari dua bagian yaitu bagian penggerak dan bagian yang digerakkan
Pada tahap ini anda harus bisa   memastikan bagian mana yang mengalami kerusakan. Cek motor penggerak tanpa menggunakan beban gelas. Apabila berputar dengan normal bisa dipastikan motor atau dinamo dalam keadaan baik. Tetapi tunggu dulu, harus dicek pula bagian kopel yang menghubungkan antara motor dengan beban. Biasanya gigi sudah aus dan memerlukan penggantian ulang.

2.       Langkah berikutnya adalah mengecek kopel karet  penghubung yang ada pada bagian gelas beban. Gigi pada kopel ini sering mengalami kerusakan yaitu sudah banyak yang putus alias aus. Jika demikian harus diganti denga yang baru. Cek pula seal atau karet pelapis yang berfungsi untuk menahan air agar tidak bocor.

3.       Jika motor penggerak tidak mau jalan sama sekali , perlu dicek pada bagaian brostel atau karbon bras. Bagian ini berfungsi untuk menghubungkan ujung rotor dengan kawat email pada stator. Biasanya sudah habis dan harus diganti baru. Periksa pula bagian fisik dari kawat email rotor dan stator. Jika terdapat warna hitam kemungkinan besar gulungan terbakar. Biasanya bagian rotor lebih rentan terjadi kerusakan daripada gulungan stator.

Itulah sekelumit trik mudah tentang cara memperbaiki blender yang rusak. Mudah-mudahan hal tersebut bisa bermanfaat bagi kita semua.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar