Senin, 25 November 2013

Penyebab Velg Peyang



Pernahkah anda merasakan hal aneh ketika menggunakan motor / mobil yaitu ban terasa bergoyang – goyang ketika dikendarai? Pada saat itu mungkin kita berpikir masalah terletak pada kondisi ban luar yang sudah waktunya ganti. Tapi tunggu dulu, jangan terburu – buru untuk menyimpulkan hal tersebut sebagai penyebabnya. Coba anda cek dulu dulu kondisi velg anda. Velg peyang bisa menjadi penyebab utama hal tersebut. Lantas apa yang menjadi penyebab velg peyang? Yuk kita coba menganalisa bersama tentang masalah tersebut!


Selain karena jatuh dan menabrak benda yang cukup keras misalnya batu besar, trotoar atau marka  jalan, velg yang peyang bisa disebabkan oleh lubang jalan yang cukup dalam. Proses ini terjadi ketika kendaraan sedang melaju dengan kencang dan tidak sengaja melintas pada permukaan jalan yang berlubang.

Lantas apa yang bisa kita lakukan untuk mencegah terjadinya velg peyang? Satu hal yang sangat perlu untuk dilakukan adalah dengan memeriksa tekanan angin ban secara teratur. Tekanan angin akan sangat menentukan kuat atau tidaknya sebuah roda ketika menghantam sebuah lubang dijalanan. Pada kondisi tekanan yang kurang akan menyebabkan goncangan yang keras pada ban, kemudian akan disalurkan pada velg sebagai pertahanan terakhir pada roda ban. Maka dari itu perlu dilakukan pengecekan tekanan roda secara teratur. Jangan menunggu ban kempes  untuk memompanya. Lakukan paling tidak seminggu sekali untuk motor dan dua minggu sekali untuk mobil. 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar