Minggu, 24 November 2013

Cara Membaca Ukuran Ban



Cara paling mudah untuk membaca ukuran ban adalah dengan melihat tulisan yang tertera pada bagian samping ban. Untuk mempermudah kita bisa ambil contoh  pada ban motor dibawah ini. Perhatikan kode angka yang bertuliskan 80 / 90 / 17 pada ban belakang motor bebek. Posisinya terletak pada didinding samping.


Angka 80 menunjukkan lebar tapak ban yang bersentuhan dengan permukaan aspal, sedangkan angka 90 itu berarti tinggi yang dinyatakan dalam % dari lebar, ini berarti tinggi ban tersebu adalah 90 % dari lebar. Berikutnya adalah angka 17 yang menunjukkan ukuran jari-jari velg yang dinyatakan dalam inchi.

Setelah kita menetahui tentang cara membaca ukuran ban diharapkan bisa lebih teliti jika dikemudian hari ingin mengganti ban. Faktor terpenting adalah menyesuaikan dengan kondisi velg. Jika kita perhatikan sekarang ini dikalangan anak muda banyak yang menggunakan ukuran ban yang lebih kecil dari aturan standard yang dibuat oleh pabrik. Misalnya untuk ukuran ban belakang yang pada umumnya 80 / 90 / 17 diganti dengan ukuran 60 / 80 / 17. Dari segi keamanan tentu akan sagat berpengaruh sekali.

 Ukuran tapak ban yang lebih kecil akan sangat mempengaruhi gaya gesek terhadap permukaan jalan. Sehingga akan sangat membahayakan pengendara ketika melakukan pengereman secara mendadak. Selain factor keamanan ada satu hal lagi yang perlu untuk diwaspadai ketika menggunakan ukuran ban yang lebih kecil. Sudah tahu pastinya! Ya, menjadi incaran pak polisi. Dibeberapa daerah tertentu anda perlu mewaspadai ketika menggunakan ukuran tersebut, kalau hanya ditilang mungkin tidak begitu masalah, tetapi bagaimana jika  ban anda disobek menggunakan cutter ditempat oleh polisi. Maka dari itu perlu sekali untuk mempertimbangkan hal diatas ketika memilih ukuran ban kendaraan anda.     

Tidak ada komentar:

Posting Komentar