Jumat, 17 Januari 2014

Belajar Merakit Power Amplifier



Bagi pecinta musik, tidak akan pernah terpisahkan dengan sebuah perangkat audio sebagai penguat sinyal. Lantas apa hubungannya, ini nih. Pada sharing kali ini saya ingi sedikit berbagi cerita tentang cara belajar merakit power amplifier sesuai dengan selera masing-masing. Sebelumnya anda harus menentukan dulu untuk keperluan apa rangkaian power amplifier tersebut. Maksudnya adalah jenis daya power. Dan hal yang perlu dipersiapkan adalah sebagai berikut :


1.      Satu set rangkaian power ampli, tone control, dan power supply. Bisa juga menggunakan    batterai untuk jenis ampli mini.
2.      Trafo adaptor sesuai dengan spesifikasi kebutukan rangkaian tersebut.
3.      Speaker sebagai bagian input, sesuaikan pula dengan daya amplifier.
4.      Kabel sebagai konektor, baik kecil ataupun besar untuk power listrik
5.      Casing, bisa berupa box jika ingin menggunakan jenis rangkaian diluar sound.
6.      Persiapkan pula alat-alat kerjanya seperti solder, obeng, timah dan lain-lain.

Rakitlah satu persatu rangkaian satu dengan yang lainnya sesuai dengan prosedur pemasangan. Lalu lakukan uji coba apabila sudah selesai proses tersebut. Apabila terdapat suara gangguan berupa nois atau dengung, maka bisa diatasi dengan menambahkan kabel ground tambahan pada bodi potensiometer yang dihubngkan ke jalur ground rangkaian power supply.

4 komentar:

  1. gan q puya tone control yang di lengkapi 2 buah tda 2003. nah q jg puya travo kecil gak ada merek nya. tp di ketup atas ada tulisan. 20 ct 20. nah ketup yang bawa. 0 7. mampuk gk untuk merakit tone cntrol itu

    BalasHapus
  2. Ingin belajar merakit power yang keras seperti sound sistem di lapangan

    BalasHapus
  3. Apakah saya bisa belajar dengan anda boz

    BalasHapus