Jumat, 05 Juli 2013

Cara Memperbaiki Monitor Goyang




Berikut ini saya akan sedikit berbagi pengalaman tentang cara memperbaiki monitor goyang sendiri. Hal utama yang harus dijadikan sebagai parameter sebuah kerusakan dalam memperbaiki sebuah monitor adalah dengan melihat, merasakan dan mengukur. Oleh karena itu, ketiga indra kita mempunyai peranan yang sangat penting dalam melakukan analisa kerusakan.


Melihat : Ketika sedang memperbaiki sebuah monitor, hal pertama yang harus dilakukan adalah memperhatikan jenis kerusakan. Selanjutnya melihat struktur fisik dari masing-masing komponen. Misalnya adanya komponen yang pecah bagian fisiknya atau menggelembung. Hal ini sangat penting untuk dilakukan, karena pada umumnya kerusakan terjadi di sekitar lokasi komponen yang cacat.


Merasakan : Pada saat monitor dinyalakan, coba rabalah komponen aktif seperti transistor, IC dan FET. Jika panas yang timbul terlalu berlebihan, kemungkinan besar ada yang tidak beres disekitar jalu tersebut. Pastikan pendingin pada trnsistor atau ic tidak kotor. Karena debu yang menempel pada heatsink bisa menghambat aliran panas.

Mengukur : Langkah ini merupakan langkah yang paling efektif dalam mendiagnosa sebuah kerusakan monitor. Ukurlah tegangan pada masing-masing blog menggunakan avometer, biasanya pada titik tertentu terdapat simbul nominal tegangan normal pada PCB. Jika tidak sesuai dengan simbul tersebut, berarti ada masalah di jalur tersebut.
Untuk problem Monitor bergoyang, pada umumnya supplay tegangan pada bagian power supply dan FBT berkurang. Bisa disebabkan oleh condensator elektrolit (elco) yang mulai rusak atau berkurang nilai kapasitansinya. Biasanya ditandai dengan kondisi elco yang menggelembung, bahkan jika parah mengeluarkan cairan elektrolit berwarna kuning. Gantilah elco yang dicurigai.
Selain itu, retaknya solderan pada kaki komponen juga bisa menyebabkan monitor goyang. Gunakan tinner untuk mengetahui titik solder yang retak.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar