Rabu, 25 September 2013

Cara Memperbaiki Monitor Komputer Mati Total




Untuk kesempatan kali ini kita akan membahas tentang cara memperbaiki monitor komputer yang mati total. Jenis monitor yang akan kita bahas adalah jenis monitor CRT. Kenapa type ini? Karena jenis ini lebih sulit untuk diperbaiki. Hal ini disebabkan oleh bagian bloknya terdapat pada posisi 1 motherboard (seperti pada tv crt). Jika menggunakan monitor jenis lcd atau led, cara pengecekannya lebih mudah, karena bagian-bagiannya terletak pada modul terpisah, sehingga untuk melakukan perbaikan dilakukan dengan mengganti satu set (modul) bagian tertentu.

 Sebelum memulai langkah yang cukup rumit dalam memperbaiki monitor hal pertama yang harus dilakukan adalah mengecek kondisi kabel listrik apakah sudah benar-benar terpasang, lalu periksa sekering pada bagian power supply. Jika putus, berarti ada masalah di bagian regulator. Cek elco besar setelah diode penyearah. Gunakan avometer untuk mendapatkan hasil pengukuran yang benar. Caranya adalah dengan meletakkan posisi switch selektor pada avometer pada posisi ohm meter. Pencolok warna merah pada kaki positif dan hitam pada kaki negative elco. Amati gerakan jarum pada avometer. Pada kondisi normal, jarum akan bergerak kearah kanan lalu secara perlahan akan turun ke kiri sampai mentok. Setelah itu balik posisi kaki negative dengan pencolok merah dan positif elco dengan kutub negative avometer. Jarum harus bergerak ke kanan sebentar kemudian turun ke kiri.

Langkah selanjutnya cek tegangan output regulator. Jika masih belum muncul, coba periksa bagian transistor regulator / STR dengan avometer. Ganti jika terjadi kerusakan. Jangan lupa, cek pula diode zener dan resistor di sekitar STR.

Dengan sedikit trik diatas diharapkan bisa sedikit menghemat biaya untuk diberikan pada ahli service, karena jika memang kerusakan cukup ringan, kita bisa mengatasinya sendiri.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar