Selasa, 04 Februari 2014

Penyebab Ban Makan Sebelah



Satu faktor yang menjadi penyebab ban makan sebelah adalah  berubahnya sudut kemiringan titik tumpu antara roda kiri dengan kanan. Hal ini menandakan bahwa waktunya melakukan spooring ulang untuk roda tersebut, sehingga sudut kemirigan bisa disesuaian dengan arah ketika dikemudikan.


Pada umumnya makan sebelah yang terjadi pada ban berada pada dua roda depan, hal ini sangat wajar karena roda depan merupakan titik kemudi arah kendaraan melaju.
Ada dua kemungkinan terjadinya ban makan sebelah yaitu :

1.       Ban makan bagian luar
Ciri-cirinya adalah jika diperhatikan pada saat roda terpasang, sisi luar dari ban lebih tipis dibanding sisi bagian dalam.
2.       Ban makan bagian dalam
Tanda-tandanya yaitu apabila sisi bagian dalam tampak lebih tipis daripada sisi luar.

 Jika kondisi ban yang makan sebelah dibiarkan terus maka sisi yang tipis lama-kelamaan  akan muncul kawat ban. Jika demikian ban sudah tidak layak digunakan dan harus diganti dengan baru.
                Itulah penyebab umum ban makan sebelah, mudah-mudahan artikel ini bemanfaat, sehingga jika hal demikian terjadi, maka sedini mungkin bisa dicegah dengan membalik sisi bagian luar denagn bagian dalam. Akan lebih maksimal lagi jika sekalian dilakukan spooring.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar